Mie Lethek Mbah Mendes, Kuliner Legendaris di Yogyakarta

Mie Lethek Mbah Mendes adalah salah satu kuliner di Yogyakarta yang bisa dikatakan legendaris. Anda yang bukan orang asli Yogyakarta pasti bingung, apa itu mie lethek? Apakah sama dengan bakmie Jawa? 

Jawabannya memang hampir sama dengan bakmie Jawa namun bukan bakmie Jawa. Lantas mie apa? Penasaran? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Apa Itu Mie Lethek Mbah Mendes?

Mendengar kata mie lethek, pasti Anda bertanya-tanya, sebenarnya jenis mie apakah satu ini? Wisata kuliner Anda rasanya kurang lengkap jika tidak mencoba mie yang unik satu ini. Mie lethek ini berasal dari bahasa Jawa yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya kotor atau kusam.

Ya dalam Bahasa Jawa, lethek memiliki arti kotor dan kusam sama halnya dengan mie yang akan disajikan ke hadapan Anda, mienya nampak kotor dan kusam. Namun meski Mie Lethek milik Mbah Mendes ini tampak kusam, namun jangan salah! Itu hanya tampak luarnya saja, ya!

Karena sesungguhnya mie lethek ini sangat enak rasanya dan mie ini kelihatan kusam dan kotor karena memang diolah dari tepung ketela. Mie yang disajikan ke hadapan pembeli benar-benar higienis. Proses pembuatan mie benar-benar bisa dipastikan sangat bersih.

Bahkan mie lethek Mbah Mendes bukan hanya bersih dan higienis namun juga tidak ada bahan pengawet. Ya, mie lethek Mbah Mendes dibuat tanpa pengawet tambahan karena dijemur di bawah panasnya matahari sehingga mie ini tidak membutuhkan pengawet makanan. 

Secara tampilan mie lethek hampir memiliki bentuk yang hampir sama dengan mie bihun. Namun yang membedakan mie lethek dengan mie bihun adalah potongan-potongan mie-nya yang lebih pendek. Selain itu warna mie lethek juga jauh lebih cokelat jika dibandingkan dengan mie bihun.

Mie lethek Mbah Mendes dimasak sebagaimana cara memasak bakmi Jawa yang terkenal. Nah, yang membedakan adalah bahan utama mie-nya. Jika umumnya bakmie Jawa menggunakan mie bihun, maka mie lethek menggunakan mie buatan sendiri.

Lokasi Mie Lethek Mbah Mendes

Ada 2 menu mie lethek yang bisa Anda pilih yakni rebus dan goreng. Dalam satu piring mie lethek Mbah Mendes ini terdapat campuran telur, sayur kobis, sawi dan suwiran ayam kampungnya yang menambah nikmat.

Nah, di balik kelezatan Mie Lethek Mbah Mendes ini, tidak menggunakan penyedap rasa di setiap proses memasaknya. Jadi untuk Anda yang tidak suka MSG, tenang saja! Mie Lethek Mbah Mendes ini sangatlah sehat. Wah, selain higienis, tanpa bahan pengawet mie ini juga tanpa MSG! Cocok sekali untuk Anda yang suka makanan yang sehat bukan?. Informasi wisata kuliner lainnnya bisa kamu dapatkan di tripjogja.co.id.

Harga per porsi Mie Lethek Mbah Mendes Yogyakarta dibanderol Rp. 20.000. Selain menyajikan menu mie lethek, warung makan Mbah Mendes juga menyajikan menu pelengkap lainnya seperti nasi goreng, omelet dan plencing.

Untuk menu minuman di  Mie Lethek Mbah Mendes, selain menyajikan es teh atau teh panas, warung makan ini juga menyajikan wedang uwuh, wedang jahe dan wedang secang. Nah, uniknya semua wedang yang ada di Mie Lethek Mbah Mendes, semuanya menggunakan gula batu yang rendah kalori.

Anda penasaran dengan kuliner Jogja satu ini? Datang saja ke Jalan Sarirejo, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Anda juga bisa datang ke cabangnya yang berada di Jl. P. Mangkubumi No.22, Gowongan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233.

Ingin makan sehat dan enak? Datang saja ke Mie Lethek Mbah Mendes yang enak, sehat dan higienis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *